Rangkuman Bahan Pelajaran Tik Smp/Mts Kelas 7 Semester 1/2

Rangkuman Bahan Pelajaran Tik Smp/Mts Kelas 7 Semester 1/2

Rangkuman Bahan Pelajaran Tik Smp/Mts Kelas 7 Semester 1/2

Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran TIK SMP/MTs kelas 7 - Perkembangan dunia teknologi yang semakin maju menuntut dunia pendidikan turut serta dalam mengajarkan anak didik ihwal teknologi masa kini. Pembelajaran teknologi dalam dunia pendidikan di Sekolah Menengah Pertama termasuk dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pelajaran TIK di Sekolah Menengah Pertama akan dipelajari selama satu tahun atau dua semester.
Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran TIK Sekolah Menengah Pertama Rangkuman Materi Pelajaran TIK SMP/MTs Kelas 7 Semester 1/2
Rangkuman Materi TIK Kelas 7 SMP/MTs - Untuk mempermudah mempelajari materi selama dua semester tersebut diharapkan rangkuman biar mencar ilmu lebih cepat dan efektif. Berikut rangkuman materi pelajaran TIK SMP/MTs kelas 7 selengkapnya.

Rangkuman TIK SMP/MTs Kelas 7 Semester 1

BAB 1 Berbagai Jenis Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Menurut waktu pemakaiannya, peralatan teknologi informasi dan komunikasi dibedakan menjadi dua, yaitu:
Peralatan komunikasi zaman dahulu
Beberapa pola peralatan teknologi komunikasi zaman dahulu:
  • Papyrus yaitu kertas yang terbuat dari daun tumbuhan papyrus yang dipakai untuk menulis.
  • Bereguh yaitu alat komunikasi yang terbuat dari tanduk kerbau. Cara penggunaannya dengan ditiup.
  • Kulkul yaitu alat komunikasi berbentuk ibarat kentongan yang terbuat dari kayu berongga. Cara penggunaannya dengan dipukul.
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi zaman modern
Perkembangan teknologi yang pesat mengakibatkan istilah teknologi informasi dan komunikasi sulit dipisahkan. Meskipun begitu, pada mulanya peralatan teknologi informasi dan komunikasi dipisah menjadi dua, yaitu:
1. Teknologi Informasi
Teknologi informasi yaitu seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang bekerjasama dengan pemrosesan informasi.
Contoh : komputer yaitu mesin serbaguna yang sanggup dikontrol oleh program, dipakai untuk mengolah data menjadi informasi.
2. Teknologi Komunikasi
Teknologi Komunikasi yaitu teknologi yang bekerjasama dengan komunikasi jarak jauh. Contoh :
  • Surat kabar yaitu alat komunikasi satu arah. Kita hanya sanggup membaca saja.
  • Radio yaitu alat komunikasi satu arah. Kita hanya sanggup mendengarkannya saja.
  • Telepon yaitu alat komunikasi dua arah. Kita sanggup bergantian berkomunikasi, saling tanya jawab.
  • Televisi yaitu alat komunikasi satu arah. Kita hanya sanggup mendengarkan dan melihat saja.
Teknologi informasi dan komunikasi yaitu teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Contoh: radio, telepon, televisi, dan internet. Internet yaitu suatu jaringan komputer yang sangat luas yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia.

BAB 2 Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sejarah TIK mencakup sejarah perkembangan komunikasi dan perkembangan komputer. Perkembangan komunikasi mencakup sejarah komunikasi zaman prasejarah, sejarah telegraf, telepon, radio, dan televisi. Sejarah perkembangan komputer dimulai dengan ditemukannya abakus.
Perkembangan kalkulator
  • 5000 tahun yang kemudian ditemukan abakus.
  • Tahun 1642 ditemukan kalkulator roda numerik oleh Blaise Pascal. Kalkulator ini bisa melaksanakan penjumlahan hingga 8 digit.
  • Tahun 1694 ditemukan kalkulator oleh Gottfred Wilhem von Leibniz. Kalkulator ini bisa melaksanakan penjumlahan dan perkalian.
  • Tahun 1820 ditemukan kalkulator mekanik. Kalkulator ini sering disebut Arithometer.
Perkembangan komputer
  • Tahun 1822, Charles Babbage menemukan mesin yang bisa melaksanakan perhitungan persamaan diferensial.
  • Tahun 1889, Herman Hollerits menemukan mesin yang bisa mempercepat perhitungan sensus penduduk di Amerika.
  • Tahun 1931, Vaannevar Bush menemukan kalkulator yang sanggup menuntaskan persamaan diferensial.
  • Tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry menemukan komputer dengan sistem aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Sistem ini mengacu pada sistem biner aljabar.
Generasi komputer
Komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama diciptakan untuk membantu Perang Dunia II. Komputer generasi ini biasanya sulit untuk diprogram dan kecepatannya terbatas. Hal ini dikarenakan komputer dibentuk hanya untuk menuntaskan suatu kiprah tertentu. Sehingga arahan binernya pun berbeda-beda.

Komputer generasi kedua. Komputer generasi kedua umumnya memiliki ukuran lebih kecil. Hal ini dikarenakan tube vacuum yang biasa dipakai dalam komputer generasi pertama digantikan dengan transistor. Pada masa ini bahasa pemrograman mulai bermunculan.

Komputer generasi ketiga. Pada komputer generasi ketiga ini, transistor yang biasa dipakai pada komputer generasi kedua diganti dengan sebuah chip. Chip ini bisa memasukkan banyak program. Selain itu memungkinkan komputer menjalankan banyak sekali jadwal berbeda secara serentak.

Komputer generasi keempat. Tujuan pembuatan komputer generasi keempat untuk mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektroniknya. Mulai generasi ini pula mulai muncul PC dan laptop. Selain itu juga bermunculan seri-seri IBM.

Komputer generasi kelima. Komputer generasi lima merupakan komputer yang masih dalam tahap pengembangan. Para ilmuwan berlomba-lomba menciptakan komputer yang sanggup mennerjemahkan bahasa manusia.

BAB 3 Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan
Teknologi informasi dan komunikasi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Peranan tersebut intinya untuk mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menjalani aktifitasmu sehari-hari.
Berbagai laba yang kau peroleh dari teknologi informasi dan komunikasi yaitu:
  • mudahnya berkomunikasi secara cepat,
  • pembelian dan pembayaran secara online,
  • mudah mendapat dan mengembangkan semua sumber informasi, dan lain-lain.

BAB 4 Dampak Negatif dari Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dampak negatif dari penggunaan alat TIK sanggup ditanggulangi dengan aturanaturan berikut.
  • The Ten Commandments of Computer Ethics (sepuluh arahan etik penggunaan komputer).
  • Undang-Undang Hak Cipta (UUHC) yaitu Undang-Undang nomor 19 tahun 2002.
  • Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UUITE), yaitu berupa Undang-Undang nomor 11 tahun 2008.

Rangkuman materi TIK SMP/MTs Semester 2


BAB 5 Mengoperasikan Komputer dengan Prosedur yang Benar
Posisi perangkat komputer yang benar.
Posisi monitor
  • Letakkan di daerah yang tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.
  • Jarak pandang mata dengan monitor 50-60 cm.
  • Posisi monitor lebih rendah dari mata (kurang lebih kepingan tengah monitor 10 cm-23 cm di bawah mata).
  • Atur cahaya komputer sesuai dengan kebutuhan.
  • Bersihkan monitor dengan teratur.
  • Seringlah berkedip untuk menjaga mata biar tidak kering.
Posisi keyboard
  • Pergelangan tangan sejajar dengan telapak tangan.
  • Posisi siku menggantung.
  • Lemaskan jari telunjuk dan jari manismu.
  • Tekan tombol dengan tenang.
  • Lemaskan seluruh tangan kalau sedang tidak memencet tombol keyboard.
Posisi mouse
  • Letakkan di permukaan yang sama dengan keyboard sehingga gampang diraih dan nyaman digunakan.
Posisi CPU
  • Letakkan berjauhan dari monitor, keyboard, dan mouse.
Posisi meja dan kursi
  • Meja yang baik yaitu meja yang dilengkapi daerah untuk keyboard, mouse, dan sandaran kaki. Tinggi meja diubahsuaikan dengan ukuran dingklik dan tinggi tubuh pengguna. Kursi yang baik yaitu dingklik yang memiliki sandaran punggung, mengikuti lekuk punggung, dan tingginya sanggup diatur.
Posisi kepala
  • Kepala dan leher tegak, pandangan pribadi menghadap monitor.
Posisi punggung
  • Punggung tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan.
Posisi pundak
  • Pundak tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah.
Posisi lengan dan siku
  • Aturlah sedemikian rupa sehingga posisi lengan nyaman ketika memakai mouse.
Posisi kaki
  • Seluruh telapak kaki menyentuh lantai dan sudut kaki membentuk sudut tidak kurang dari 900.
Cara menghidupkan komputer yang benar.
  • Hidupkan stabilizer.
  • Aktifkan CPU dengan menekan tombol power.
  • Aktifkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor.
  • Tunggu komputer melaksanakan proses booting beberapa saat.
  • Masukkan username dan password komputer.
  • Tunggu beberapa saat. Jika desktop windows sudah ditampilkan, kau siap menggunakannya.
Cara mematikan komputer yang benar.
  • Simpan dokumen dan tutup semua aplikasi yang sudah dijalankan.
  • Klik sajian start hingga tampak tampilan sajian start.
  • Klik Turn Off Computer.
  • Klik tombol Turn Off.
Baca Juga : Rangkuman Materi Penjaskes Kelas 7 SMP/MTs

BAB 6 Operasi Dasar pada Sistem Operasi
Sistem operasi yaitu perangkat lunak (software) yang mengatur semua sumber daya dalam komputer.
Fungsi sistem operasi yaitu:
  • sebagai penghubung antara pengguna dan jadwal aplikasi.
  • sebagai daerah meletakkan jadwal aplikasi.
  • mengatur sistem kerja dalam komputer.
Jenis sistem operasi misalnya: Microsoft DOS, Microsoft Windows, Linux, Unix, dan Mac OS.
Wilayah kerja sistem operasi Windows XP memuat bagian-bagian, yaitu:
  • ikon
  • start menu
  • quick launch
  • taskbar
  • wallpaper
Saat memakai mouse, kau sanggup melaksanakan hal-hal berikut.
  • Klik kiri
  • Klik ganda
  • Klik kanan
Keyboard sanggup kau gunakan untuk memasukkan teks dan memperlihatkan perintah pada komputer.
Dari tampilan desktop, kau sanggup melaksanakan hal-hal berikut.
  • Mengubah gambar latar belakang (wallpaper).
  • Mengubah nama pengguna komputer (user accounts).
  • Mengubah password.

BAB 7 Perangkat Keras Komputer
Hardware sanggup digolongkan menjadi 2.
  1. Komponen pokok, komponen yang harus ada di sebuah komputer, yakni: CPU, Motherboad, Memory, dan Harddisk.
  2. Komponen tambahan/peripheral, komponen pendukung untuk menambah fungsi komputer, yakni perangkat keras komputer selain perangkat keras yang termasuk komponen pokok.
Berdasarkan fungsinya, hardware sanggup dikelompokkan menjadi lima jenis.
  • Perangkat masukan (Input device), untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input contohnya keyboard, mouse, joystick, scanner, dan sebagainya.
  • Perangkat penyimpan data, untuk menyimpan data hasil dari input, contohnya disket, flashdisk, dan sebagainya.
  • Perangkat pengolah data (Processor), untuk mengolah data. Pengolah data mencakup CPU (Central Processing Unit) dan juga microprocessor.
  • Perangkat keluaran (Output device), untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh microprocessor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
  • Perangkat jaringan dan internet untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.

BAB 8 Perangkat Lunak Komputer
Software sanggup digolongkan menjadi dua.
  1. Perangkat lunak sistem komputer, yaitu perangkat lunak yang berfungsi biar komputer sanggup berjalan dengan baik, termasuk di dalamnya yaitu perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak utility.
  2. Perangkat lunak aplikasi, yaitu perangkat lunak yang dipakai untuk membantu aplikasi kehidupan sehari-hari pengguna komputer.
Jenis-Jenis perangkat lunak adalah:
  • Pengolah Kata, Contoh: Microsoft Word, Wordstar, Chi Writer
  • Pengolah Angka, COntoh : Microsoft Excel, Quattro Pro
  • Presentasi, Contoh: Microsoft Power Point
  • Basis Data, contoh: Microsoft Access, Borland Paradox, Microsoft SQL Server, MySQL
  • Pengolah Grafis, contoh: Adobe Photoshop, Corel Draw
  • Video Editing, contoh: Ulead Video Studio, Pinneacle Studio
  • Pengembang Program Komputer, contoh: Microsoft Visual Basic, Borland Delphi
  • Pengembang Web, contoh: Microsoft Frontpage, Macromedia Dreamweaver

BAB 9 Pemakaian Program Aplikasi Pengolah Kata
Microsoft Word 2007 yaitu salah satu jadwal aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan. Microsoft Word 2007 merupakan kepingan dari Microsoft Office 2007.
Tahapan-tahapan dalam memakai Microsoft Word 2007 yaitu sebagai berikut.
  1. Membuka Microsoft Word 2007.
  2. Membuat dokumen baru.
  3. Menentukan ukuran kertas dan margin.
  4. Mengetik dokumen.
  5. Mengedit dokumen.
  6. Menyimpan dokumen.
  7. Mencetak dokumen.
Baca juga : Rangkuman materi PKn SMP/MTs Kelas 7
Semoga rangkuman materi pelajaran TIK untuk SMP/MTs kelas 7 di atas sanggup memperlihatkan manfaat buat para siswa dan mempermudah dalam mencar ilmu sehingga mendapat nilai yang terbaik.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser