Rangkuman Bahan Pelajaran Ipa Sd/Mi Kelas 3 Semester 1 Dan 2

Rangkuman Bahan Pelajaran Ipa Sd/Mi Kelas 3 Semester 1 Dan 2

Rangkuman Bahan Pelajaran Ipa Sd/Mi Kelas 3 Semester 1 Dan 2

Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran IPA untuk SD kelas 3 lengkap yang terdiri dai semester 1 dan 2. Rangkuman materi IPA ini di ambil dari setiap BAB pada mata pelajaran IPA SD Kelas 3 menurut kurikulum KTSP 2006. Rangkuman atau ringkasan ini bertujuan untuk mempermudah mengingat kembali setiap materi yang di pelajari di sekolah dari setiap BAB nya.
Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran IPA untuk SD kelas  Rangkuman Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2
Rangkuman Materi IPA Kelas 3 SD/MI - Dengan rangkuman ini diperlukan setiap siswa lebih ulet dan semangat mencar ilmu IPA. Berikut ringkasan materi IPA SD kelas 3 Selengkapnya.
BAB I Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
  • Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan.
  • Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri antara lain: bergerak, tumbuh,berkembang biak, dan menanggapi rangsang.
  • Gerak pada makhluk hidup tidak sama. Hal ini tergantung cara dan daerah hidupnya.
  • Manusia dan binatang sanggup bergerak berpindah tempat. Ini disebut gerak aktif.
  • Gerakan pada flora tidak menyebabkan flora berpindah tempat. Ini disebut gerak pasif.
  • Makhluk hidup tumbuh artinya bertambah besar.
  • Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda. 
    • Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan.
    • Hewan berkembang biak dengan cara bertelur atau melahirkan.
    • Tumbuhan berkembang biak dengan cara alami (biji dan tunas), atau secara buatan (cangkok, setek, dan okulasi)
  • Tujuan makhluk hidup berkembang biak ialah semoga sanggup melestarikan jenisnya.
  • Makhluk hidup sanggup menanggapi rangsang 
    • Manusia dan binatang menanggapi rangsang dengan alat indera.
    • Tumbuhan menanggapi rangsangan cahaya matahari. Ada flora yang peka terhadap rangsangan sentuhan, contohnya flora putri malu.
  • Semua makhluk hidup mempunyai kebutuhan yang sama. Kebutuhan itu antara lain: air, makanan, udara, dan cahaya.
  • Hewan dan insan memerlukan air untuk minum. Tumbuhan memerlukan air untuk memasak makanan. Makanan itu digunakan sebagai tenaga.
  • Makanan insan berasal dari binatang dan tumbuhan.Makanan binatang ada yang berasal dari tumbuhan. Ada pula yang berasal dari binatang lain.
  • Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas.
  • Tumbuhan banyak terdapat di sekitar kita. Ada flora berbunga dan ada yang tidak berbunga.
  • Bagian-bagian flora antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
  • Berdasarkan daerah hidupnya, binatang dibedakan menjadi tiga kelompok. Yaitu binatang darat, binatang air, dan binatang yang sanggup hidup di darat dan di air.
BAB II Perubahan Pada Makhluk Hidup
  • Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan.
  • Pertumbuhan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya tidak sama.
  • Pertumbuhan ditandai oleh perubahan tinggi, besar, dan berat.
  • Pertumbuhan yang sehat lantaran makan cukup dan teratur.
  • Kartu Menuju Sehat (KMS) berkhasiat untuk mengetahui tingkat pertumbuhan anak.
  • Agar bayi tumbuh sehat, perlu ASI, masakan tambahan, imunisasi, dan penimbangan secara teratur.
  • Pertumbuhan tumbuhan juga memerlukan perawatan secara teratur.
  • Perawatan tumbuhan dengan cara penyiraman, pemupukan, dan pemberantasan hama.
  • Hewan memerlukan masakan yang cukup dan teratur untuk pertumbuhan.
BAB III Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat
  • Lingkungan ialah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup.
  • Lingkungan menghipnotis kehidupan makhluk hidup yang tinggal.
  • Untuk kelangsungan hidupnya, makhluk hidup memerlukan lingkungan yang sehat.
  • Lingkungan yang sehat ialah lingkungan di mana udara, air, dan keadaan tanahnya higienis (tidak tercemar).
  • Lingkungan yang tidak sehat ialah lingkungan di mana udara, air, dan keadaan tanahnya telah tercemar.
  • Pencemaran udara disebabkan oleh:
    • buangan industri;
    • kendaraan bermotor;
    • bau yang tidak sedap.
  • Pencemaran air disebabkan oleh limbah industri dan rumah tangga. Limbah tersebut mengalir lewat selokan dan sungai.
  • Pencemaran tanah disebabkan oleh sampah plastik dan bahanbahan kimia yang lain.
  • Agar lingkungan yang sehat sanggup tercipta, maka kebersihan lingkungan harus tetap dijaga.
BAB IV Sifat-Sifat Benda
  • Di sekitar kita terdapat benda padat, benda cair, dan benda gas.
  • Benda padat mempunyai bentuk dan ukuran yang tetap. Meskipun dipindahkan dari suatu daerah ke daerah yang lain.
  • Kekerasan dan kerapatan tiap-tiap benda padat tidak sama.
  • Benda cair mempunyai bentuk yang berubah-ubah. Bentuknya mengikuti bentuk wadahnya, namun isinya tetap.
  • Benda cair selalu mengalir dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah.
  • Air dan sirup merupakan benda cair. Air merupakan zat tunggal. Sedangkan sirup merupakan campuran.
  • Benda gas contohnya udara, dan asap kendaraan bermotor.
  • Benda gas selalu mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
  • Benda gas bentuk dan ukurannya (volumenya) selalu berubahubah
BAB V Perubahan Sifat Benda
  • Benda sanggup mengalami perubahan. Perubahan terjadi lantaran pemanasan, pendinginan, dibakar, dan dibiarkan di udara terbuka.
  • Perubahan benda berupa:
    • perubahan bentuk,
    • perubahan ukuran,
    • perubahan warna,
    • perubahan rasa, dan
    • perubahan wujud.
  • Akibat perubahan, keadaan benda berbeda dengan keadaan sebelumnya. Misalnya: Lilin semula padat, sehabis dipanaskan bermetamorfosis cair.
BAB VI Benda dan Kegunaannya
  • Di sekitar kita terdapat aneka macam macam benda. Benda-benda itu terbuat dari materi yang berbeda-beda.
  • Setiap benda mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. 3. Kegunaan benda sesuai dengan materi pembuatnya.Misalnya:
    • kertas untuk daerah menulis;
    • kulit binatang untuk menciptakan sepatu, tas, dan jaket.
  • Penggunaan benda yang tidak sesuai dengan peruntukannya, benda itu cepat rusak.
BAB VII Gerak Benda
  • Ada beberapa jenis gerak benda. Misalnya menggelinding, jatuh, melambung, memantul, dan berputar.
  • Gerak benda dipengaruhi beberapa faktor. Antara lain banyaknya energi, bentuk benda, ukuran benda, dan permukaan benda.
  • Benda yang permukaannya licin lebih gampang bergerak.
  • Bola gampang bergerak lantaran bentuknya bulat.
  • Gerak benda dimanfaatkan untuk memudahkan perjuangan atau pekerjaan.
BAB VIII Energi dan Sumber Energi
  • Kebutuhan energi setiap orang tidak sama. Kebutuhan energi tergantung usia, jenis kelamin, dan acara atau kegiatan yang dilakukan.
  • Energi mempunyai majemuk bentuk. Misalnya: energi gerak, energi otot, energi kimia, energi panas, energi cahaya, energi listrik, dan energi bunyi.
  • Uap merupakan salah satu bentuk energi. Energi yang dihasilkan disebut energi uap.
  • Sumber-sumber energi contohnya makanan, sinar matahari, materi bakar, listrik, angin, air, kayu bakar, dan watu baterai.
  • Kita harus ekonomis memakai energi. Karena sumber energi kita terbatas.
  • Menghemat energi listrik sanggup dilakukan dengan cara:
  • menggunakan lampu redup ketika mulai tidur, mematikan lampu jikalau tidak dipakai, mematikan televisi dikala tidak ditonton, dan segera mematikan lampu listrik ketika hari mulai pagi.
BABX Kenampakan Permukaan Bumi
  • Bumi merupakan satu-satunya planet yang sanggup ditempati manusia.
  • Permukaan bumi tidak rata.
  • Permukaan bumi terdiri atas daratan dan lautan.
  • Daratan ialah potongan permukaan bumi yang lebih tinggi dari permukaan air laut.
  • Benua ialah daratan yang sangat luas.
  • Pulau ialah daratan yang lebih sempit dari benua. Gugusan pulau disebut kepulauan.
  • Samudera ialah bahari yang sangat dalam dan luas.
  • Selat ialah bahari sempit yang dibatasi oleh dua daratan.
  • Palung ialah dasar bahari yang curam dan dalam.
  • Laut yang menjorok ke darat disebut teluk.
  • Daratan yang menjorok ke bahari disebut tanjung atau semenanjung.
  • Bentuk bumi ialah lingkaran pepat menyerupai bola.
BAB XI Cuaca dan Pengaruhnya bagi
  • Cuaca ialah keadaan udara di suatu daerah pada jangka waktu tertentu.
  • Meramal cuaca dengan cara mengamati unsur-unsur cuaca. Unsur-unsur cuaca ialah suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, curah hujan, keadaan awan, dan keadaan angin.
  • Ramalan cuaca bermanfaat bagi petani, nelayan, dan kemudian lintas udara (penerbangan).
  • Cuaca menghipnotis kegiatan manusia. Juga menghipnotis pakaian yang dikenakan.
BAB XII Pelestarian Alam
  • Manusia memanfaatkan sumber daya alam.
  • Sumber daya alam meliputi:
    • sumber daya alam hewani,
    • sumber daya alam nabati (tumbuhan),
    • dan sumber daya alam benda tak hidup.
  • Sumber daya alam hewani dimanfaatkan untuk:
    • bahan pangan,
    • bahan pakaian,
    • penghasil materi kerajinan,
    • ddan dimanfaatkan tenaganya.
  • Sumber daya alam nabati (tumbuhan) dimanfaatkan untuk:
    • bahan pangan,
    • bahan pakaian,
    • bahan bangunan,
    • bahan pembuatan perabotan rumah tangga,
    • penghasil oksigen.
  • Sumber daya alam benda tak hidup meliputi:: air, materi tambang, batuan dan sebagainya.
  • Sumber daya alam terbatas jumlahnya.Karena itu pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti dengan perjuangan pelestariannya.
Lihat juga : Buku Pelajaran SD Kelas 3 Kurikulum KTSP 2006 Lengkap
Semoga ringkasan materi IPA SD/MI kelas 3 lengkap menurut kurikulum KTSP 2006 sanggup memperlihatkan manfaat yang baik dalam dunia pendidikan. Baca juga : Rangkuman PKn Kelas 3 SD/MI. Terima Kasih
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser