Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran IPA untuk SD kelas 3 lengkap yang terdiri dai semester 1 dan 2. Rangkuman materi IPA ini di ambil dari setiap BAB pada mata pelajaran IPA SD Kelas 3 menurut kurikulum KTSP 2006. Rangkuman atau ringkasan ini bertujuan untuk mempermudah mengingat kembali setiap materi yang di pelajari di sekolah dari setiap BAB nya.
Rangkuman Materi IPA Kelas 3 SD/MI - Dengan rangkuman ini diperlukan setiap siswa lebih ulet dan semangat mencar ilmu IPA. Berikut ringkasan materi IPA SD kelas 3 Selengkapnya.
BAB I Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Rangkuman Materi IPA Kelas 3 SD/MI - Dengan rangkuman ini diperlukan setiap siswa lebih ulet dan semangat mencar ilmu IPA. Berikut ringkasan materi IPA SD kelas 3 Selengkapnya.
BAB I Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
- Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan.
- Makhluk hidup mempunyai ciri-ciri antara lain: bergerak, tumbuh,berkembang biak, dan menanggapi rangsang.
- Gerak pada makhluk hidup tidak sama. Hal ini tergantung cara dan daerah hidupnya.
- Manusia dan binatang sanggup bergerak berpindah tempat. Ini disebut gerak aktif.
- Gerakan pada flora tidak menyebabkan flora berpindah tempat. Ini disebut gerak pasif.
- Makhluk hidup tumbuh artinya bertambah besar.
- Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda.
- Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan.
- Hewan berkembang biak dengan cara bertelur atau melahirkan.
- Tumbuhan berkembang biak dengan cara alami (biji dan tunas), atau secara buatan (cangkok, setek, dan okulasi)
- Tujuan makhluk hidup berkembang biak ialah semoga sanggup melestarikan jenisnya.
- Makhluk hidup sanggup menanggapi rangsang
- Manusia dan binatang menanggapi rangsang dengan alat indera.
- Tumbuhan menanggapi rangsangan cahaya matahari. Ada flora yang peka terhadap rangsangan sentuhan, contohnya flora putri malu.
- Semua makhluk hidup mempunyai kebutuhan yang sama. Kebutuhan itu antara lain: air, makanan, udara, dan cahaya.
- Hewan dan insan memerlukan air untuk minum. Tumbuhan memerlukan air untuk memasak makanan. Makanan itu digunakan sebagai tenaga.
- Makanan insan berasal dari binatang dan tumbuhan.Makanan binatang ada yang berasal dari tumbuhan. Ada pula yang berasal dari binatang lain.
- Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas.
- Tumbuhan banyak terdapat di sekitar kita. Ada flora berbunga dan ada yang tidak berbunga.
- Bagian-bagian flora antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
- Berdasarkan daerah hidupnya, binatang dibedakan menjadi tiga kelompok. Yaitu binatang darat, binatang air, dan binatang yang sanggup hidup di darat dan di air.
- Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan.
- Pertumbuhan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya tidak sama.
- Pertumbuhan ditandai oleh perubahan tinggi, besar, dan berat.
- Pertumbuhan yang sehat lantaran makan cukup dan teratur.
- Kartu Menuju Sehat (KMS) berkhasiat untuk mengetahui tingkat pertumbuhan anak.
- Agar bayi tumbuh sehat, perlu ASI, masakan tambahan, imunisasi, dan penimbangan secara teratur.
- Pertumbuhan tumbuhan juga memerlukan perawatan secara teratur.
- Perawatan tumbuhan dengan cara penyiraman, pemupukan, dan pemberantasan hama.
- Hewan memerlukan masakan yang cukup dan teratur untuk pertumbuhan.
- Lingkungan ialah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup.
- Lingkungan menghipnotis kehidupan makhluk hidup yang tinggal.
- Untuk kelangsungan hidupnya, makhluk hidup memerlukan lingkungan yang sehat.
- Lingkungan yang sehat ialah lingkungan di mana udara, air, dan keadaan tanahnya higienis (tidak tercemar).
- Lingkungan yang tidak sehat ialah lingkungan di mana udara, air, dan keadaan tanahnya telah tercemar.
- Pencemaran udara disebabkan oleh:
- buangan industri;
- kendaraan bermotor;
- bau yang tidak sedap.
- Pencemaran air disebabkan oleh limbah industri dan rumah tangga. Limbah tersebut mengalir lewat selokan dan sungai.
- Pencemaran tanah disebabkan oleh sampah plastik dan bahanbahan kimia yang lain.
- Agar lingkungan yang sehat sanggup tercipta, maka kebersihan lingkungan harus tetap dijaga.
- Di sekitar kita terdapat benda padat, benda cair, dan benda gas.
- Benda padat mempunyai bentuk dan ukuran yang tetap. Meskipun dipindahkan dari suatu daerah ke daerah yang lain.
- Kekerasan dan kerapatan tiap-tiap benda padat tidak sama.
- Benda cair mempunyai bentuk yang berubah-ubah. Bentuknya mengikuti bentuk wadahnya, namun isinya tetap.
- Benda cair selalu mengalir dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah.
- Air dan sirup merupakan benda cair. Air merupakan zat tunggal. Sedangkan sirup merupakan campuran.
- Benda gas contohnya udara, dan asap kendaraan bermotor.
- Benda gas selalu mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
- Benda gas bentuk dan ukurannya (volumenya) selalu berubahubah
- Benda sanggup mengalami perubahan. Perubahan terjadi lantaran pemanasan, pendinginan, dibakar, dan dibiarkan di udara terbuka.
- Perubahan benda berupa:
- perubahan bentuk,
- perubahan ukuran,
- perubahan warna,
- perubahan rasa, dan
- perubahan wujud.
- Akibat perubahan, keadaan benda berbeda dengan keadaan sebelumnya. Misalnya: Lilin semula padat, sehabis dipanaskan bermetamorfosis cair.
- Di sekitar kita terdapat aneka macam macam benda. Benda-benda itu terbuat dari materi yang berbeda-beda.
- Setiap benda mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. 3. Kegunaan benda sesuai dengan materi pembuatnya.Misalnya:
- kertas untuk daerah menulis;
- kulit binatang untuk menciptakan sepatu, tas, dan jaket.
- Penggunaan benda yang tidak sesuai dengan peruntukannya, benda itu cepat rusak.
- Ada beberapa jenis gerak benda. Misalnya menggelinding, jatuh, melambung, memantul, dan berputar.
- Gerak benda dipengaruhi beberapa faktor. Antara lain banyaknya energi, bentuk benda, ukuran benda, dan permukaan benda.
- Benda yang permukaannya licin lebih gampang bergerak.
- Bola gampang bergerak lantaran bentuknya bulat.
- Gerak benda dimanfaatkan untuk memudahkan perjuangan atau pekerjaan.
- Kebutuhan energi setiap orang tidak sama. Kebutuhan energi tergantung usia, jenis kelamin, dan acara atau kegiatan yang dilakukan.
- Energi mempunyai majemuk bentuk. Misalnya: energi gerak, energi otot, energi kimia, energi panas, energi cahaya, energi listrik, dan energi bunyi.
- Uap merupakan salah satu bentuk energi. Energi yang dihasilkan disebut energi uap.
- Sumber-sumber energi contohnya makanan, sinar matahari, materi bakar, listrik, angin, air, kayu bakar, dan watu baterai.
- Kita harus ekonomis memakai energi. Karena sumber energi kita terbatas.
- Menghemat energi listrik sanggup dilakukan dengan cara:
- menggunakan lampu redup ketika mulai tidur, mematikan lampu jikalau tidak dipakai, mematikan televisi dikala tidak ditonton, dan segera mematikan lampu listrik ketika hari mulai pagi.
- Bumi merupakan satu-satunya planet yang sanggup ditempati manusia.
- Permukaan bumi tidak rata.
- Permukaan bumi terdiri atas daratan dan lautan.
- Daratan ialah potongan permukaan bumi yang lebih tinggi dari permukaan air laut.
- Benua ialah daratan yang sangat luas.
- Pulau ialah daratan yang lebih sempit dari benua. Gugusan pulau disebut kepulauan.
- Samudera ialah bahari yang sangat dalam dan luas.
- Selat ialah bahari sempit yang dibatasi oleh dua daratan.
- Palung ialah dasar bahari yang curam dan dalam.
- Laut yang menjorok ke darat disebut teluk.
- Daratan yang menjorok ke bahari disebut tanjung atau semenanjung.
- Bentuk bumi ialah lingkaran pepat menyerupai bola.
- Cuaca ialah keadaan udara di suatu daerah pada jangka waktu tertentu.
- Meramal cuaca dengan cara mengamati unsur-unsur cuaca. Unsur-unsur cuaca ialah suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, curah hujan, keadaan awan, dan keadaan angin.
- Ramalan cuaca bermanfaat bagi petani, nelayan, dan kemudian lintas udara (penerbangan).
- Cuaca menghipnotis kegiatan manusia. Juga menghipnotis pakaian yang dikenakan.
- Manusia memanfaatkan sumber daya alam.
- Sumber daya alam meliputi:
- sumber daya alam hewani,
- sumber daya alam nabati (tumbuhan),
- dan sumber daya alam benda tak hidup.
- Sumber daya alam hewani dimanfaatkan untuk:
- bahan pangan,
- bahan pakaian,
- penghasil materi kerajinan,
- ddan dimanfaatkan tenaganya.
- Sumber daya alam nabati (tumbuhan) dimanfaatkan untuk:
- bahan pangan,
- bahan pakaian,
- bahan bangunan,
- bahan pembuatan perabotan rumah tangga,
- penghasil oksigen.
- Sumber daya alam benda tak hidup meliputi:: air, materi tambang, batuan dan sebagainya.
- Sumber daya alam terbatas jumlahnya.Karena itu pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti dengan perjuangan pelestariannya.
Lihat juga : Buku Pelajaran SD Kelas 3 Kurikulum KTSP 2006 LengkapSemoga ringkasan materi IPA SD/MI kelas 3 lengkap menurut kurikulum KTSP 2006 sanggup memperlihatkan manfaat yang baik dalam dunia pendidikan. Baca juga : Rangkuman PKn Kelas 3 SD/MI. Terima Kasih